Inilah mobil baru termurah merek Honda yang dapat Anda tebus dalam keadaan anyar di diler Honda mobil di Indonesia. Apakah banderolnya yang ‘hanya’ Rp 140 jutaan ini layak Anda andalkan sebagai ‘kuda harian’?

Inilah mobil baru bermerek Honda yang dijual dengan harga termurah se-Indonesia raya! Sebuah mobil All New Honda Brio Satya tipe S bertransmisi manual 5 percepatan. Apakah dengan harganya yang paling murah ini bila dibandingkan dengan varian Honda lainnya lantas kami akan langsung menyarankan Anda untuk meminang All New Honda Brio Satya S M/T 2020 ini? Kami memprediksi All New Honda Brio S M/T 2020 ini akan banyak dibeli dan dipakai untuk keperluan balap turing di Indonesia. Lantas bagaimana pendapat kami mengenai All New Honda Brio S M/T 2020 ini?

Eksterior Honda Brio 2020

Review All New Honda Brio Satya S M/T 2020 : Tampilan Depan

Secara umum, bumper varian All New Honda Brio Satya tipe S bertransmisi manual ini tak ubahnya dengan All New Honda Brio tipe lainnya. Hanya saja, untuk tipe mobil yang dijual seharga Rp 140 jutaan ini tampil polos tanpa adanya lampu kabut alias foglamp. Pun begitu dengan desain gril solid wing face khas mobil Honda kekinian serta lampu depan dengan DRL (Daytime Running Lights) juga masih tampak di All New Honda Brio tipe terendah ini.

Review All New Honda Brio Satya S M/T 2020 : Tampilan Samping

Perbedaan paling besar untuk All New Honda Brio tipe S M/T 2020 ini bila dibandingkan dengan Brio tipe E atau RS adalah peleknya. Pada tipe S ini, tak ada lagi pelek dengan desain aerodinamis yang berfungsi untuk membantu mengurangi turbulensi udara yang terjebak dibalik pelek. Karena pelek yang digunakan untuk tipe S ini masih berbahan besi (kaleng) biasa yang bentuknya tidak menarik, namun jangan khawatir ada dop plastik yang mampu menyembunyikan pelek ini.

Review All New Honda Brio Satya S M/T 2020 : Tampilan Belakang

Yang kami tertarik pada tampilan belakang All New Honda Brio Satya S M/T 2020 ini adalah antenna-nya. Karena, meski pada pintu belakangnya tidak dilengkapi dengan wiper belakang, namun antenna yang digunakan oleh Brio termurah ini sudah mengadopsi model shark fin antenna yang kekinian. Namun, sepertinya itu merupakan opsi diler Honda, karena keterangan pada brosur resmi antenna yang digunakan masih model micro antenna dan tanpa sensor parkir belakang.

Review All New Honda Brio Satya S M/T 2020 : Layout Dasbor

Berbeda dengan All New Honda Brio tipe E sebagai tipe menengah, serta RS yang jadi top of line di varian Brio, untuk All New Honda Brio S M/T 2020 ini tak akan Anda temukan motif lining silver atau oranye seperti kedua tipe yang lebih mahal tadi. Hanya ada warna hitam saja, tanpa ada ornamen pemanis layout dasbor. Meski  demikian yang patut diapresiasi adalah, PT Honda Prospect Motor tetap menyediakan fitur pengaturan AC digital pada mobil ini.

Review All New Honda Brio Satya S M/T 2020 : Setir

Pun demikian dengan setir yang digunakan pada All New Honda Brio S M/T 2020 ini, setirnya hanya polos saja tanpa adanya tombol pengatur audio pada sisi kiri spoke setir. Setir ini pun dapat diatur tilt steering alias naik dan turun tanpa pengaturan telescopic (maju dan mundur), untunglah meski tampil polos tapi setir ini tetap mantab dan nyaman untuk digenggam oleh kedua tangan.

Review All New Honda Brio Satya S M/T 2020 : Kursi

Kursi yang digunakan pada bagian depan mobil All New Honda Brio Satya S M/T 2020 ini adalah model semi bucket seat, dimana headrest menjadi satu dengan sandaran kursi. Bagi orang yang memiliki postur tinggi badan diatas rata-rata, memang hal ini akan kurang menyenangkan lantaran headrest tak dapat diatur sesuai tinggi badan mereka. Asyiknya jok depan ini cukup menyangga tubuh dengan baik saat perjalanan jauh. Oh ya, penumpang belakang dapat headrest yang proper.

Review All New Honda Brio Satya S M/T 2020 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Meski tampangnya kurang meyakinkan dan cenderung old skool dengan penggunaan pelek kaleng plus dop, namun untuk soal fitur keselamatan rasanya Honda enggak perlu diragukan lagi. Meski harga jualnya murah, yakni hanya Rp 140 jutana saja, namun mobil ini enggak murahan. Karena fitur keselamatan aktif macam ABS (Anti-lock Braking System) serta EBD (Electronic Brake-force Distribution) sudah terpasang disini. Belum lagi fitur keselamatan pasif seperti rangka berteknologi G-CON + ACE serta dual SRS Airbag, dan juga seatbelt 3 titik dengan ELR Pretensioner, membuat keamanan pada mobil ini patut diacungi jempol.

Operasi Honda Brio 2020

Dapur pacu All New Honda Brio Satya S M/T 2020 adalah unit berkode L12. Mesin 1.2 liter 4-silinder dengan teknologi katup variabel i-VTEC ini telah teruji serta menawarkan efisiensi bahan bakar dan pengalaman fun-to-drive khas mobil Honda. Secara performa memang tak ada perubahan, masih bertenaga 90 PS atau 88,5 dk di putaran mesin 6.000 rpm. Menariknya, dari segi torsi ternyata mesin ini naik sekitar 1 Nm dari Brio Satya generasi sebelumnya keluaran awal (bukan yang terbaru). Kini mesin All New Honda Brio Satya S M/T 2020 ini bisa menghasilkan torsi maksimum 110 Nm di putaran mesin 4.800 rpm.

Transmisi yang ada pada All New Honda Brio Satya S M/T 2020 ini hanya ada satu pilihan, yakni manual 5-percepatan yang pedal koplingnya ringan serta gerakan tuas transmisinya presisi dan halus. Sebuah sentuhan kecil dari insunyur teknik Honda yang membuat mobil ini menyenangkan dikendarai.  All New Honda Brio Satya S M/T 2020 mengunakan pelek steel (atau Honda menyebutnya Trim) berukuran 14 inchi, dibalut ban Dunlop Enasave berukuran lebar 165 mm, tebal 65 mm, ring 14 inchi yang sangat menunjang kenyamanan juga efisiensi mobil ini. Karakternya jelas beda sekali jika dibandingkan dengan All New Honda Brio terbaru tipe RS yang mengandalkan Ban Bridgestone Potenza RE030 berukuran lebar 185 mm, tebal 55 mm, ring 15 inchi. Untuk handling jelas lebih presisi  varian RS ketimbang Satya dikarenakan perbedaan ‘sepatu’ tadi.

Bagi Anda yang mencari just a car yang rationable, dan enggak neko-neko, serta tak bermasalah harus tampil polos kami rasa membeli All New Honda Brio Satya S M/T 2020 ini merupakan sebuah langkah win-win solution. Apalagi ditambah dengan resale value Honda Brio yang jadi LCGC dengan harga jual kembali paling kuat.

Sumber :  Cintamobil.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.