Mengambil platform yang sama dengan Civic Turbo sedan, model terbaru Honda Prospect Motor (HPM), yakni Civic Hatchback Turbo juga memiliki performa mesin yang sama.

Mengusung mesin 1,5L VTEC Turbo, keluaran tenaganya mencapai 170 hp pada 5.500 rpm dan torsi sebesar 219 Nm di putaran 5.500 rpm. Lantas apa yang membedakannya dengan versi sedan dari segi performa?

Menurut Assistant Project Leader New Honds Civic, Honda Motor Corp, Hiroshi Ito, meskipun tenaganya secara angka sama, bobot Civic Hatchback lebih berat 13 kilogram. Hal ini disebabkan penguatan pada bagian belakang Civic Hatchback yang didominasi kaca. Ini artinya meski bobot bertambah, performa yang ditawarkan tetap mumpuni.

Perbedaan lainnya adalah lebih lincahnya Civic Hatchback. Karena sumbu kendaraan yang lebih pendek, titik berat mengalami perubahan pada Civic Hatchback.

Tentunya hal teresbut membuatnya lebih lincah bergerak, namun dengan konsekuensi penurunan handling. Meskipun begitu, tim desain dari Honda di Jepang telah mengatasinya dengan melakukan beberapa perubahan.

“Sistem kontrolnya atau sistem ECU berbeda. Jadi braking dan steeringnya dibuat berbeda, sehingga jadi lebih stabil,” jelas Hiroshi.

Sumber : Otosia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.