Meski kadar dramanya tidak setinggi LMPV, pasar hatchback tidak bisa dilewatkan pertarungannya. Dari data wholesale sales Gaikindo 2019 sampai Juni, Honda Jazz masih menjadi market leader segmen hatchback.

Data berbicara, Jazz terjual sebanyak 6.008 unit sepanjang periode Januari – Juni 2019. Raihan itu berkat varian termahal Jazz RS CVT yang berkontribusi 5.007 unit.

Berbekal penjualan lebih dari 6.000 unit, Jazz masih mempertahankan titel pemimpin di pasar hatchback. Bagaimana dengan Toyota Yaris?

Yaris berada di posisi kedua. Total penjualan semester pertama 2019, Yaris membukukan 3.745 unit. Sama dengan Jazz, varian tertinggi Yaris yang paling laris (TRD Sportivo CVT). Kontribusinya, 2.736 unit.

Ini menarik, lantaran dari segi harga, Jazz sudah lebih mahal ketimbang Yaris. Harga Honda Jazz RS CVT Rp 279,8 juta. Sedang Toyota Yaris TRD Sportivo CVT dibanderol Rp 278,85 juta. Meski sedikit lebih mahal, Jazz masih lebih diminati.

Mengacu pada tahun lalu, periode Januari – Juni, Jazz juga unggul dari Yaris. Penjualan Jazz semester 1 2018, 5.930 unit. Yaris membukukan 5.634 unit pada periode sama. Torehan Yaris tahun lalu, didongkrak oleh peluncuran New Yaris pada Februari 2018.

Kala itu, Yaris terlahir kembali dengan operasi wajah dan peningkatan fitur signifikan. Berbekal penyegaran, Yaris yang saat itu baru diluncur langsung berbanderol lebih mahal dari Jazz.

Spesifikasi

Tentang spesifikasi, Jazz menawarkan keunggulan dari sektor performa. Bisa dibilang, hatchback besutan Honda itu punya output mesin paling besar di kelasnya. Torsi dan tenaga Jazz berada di atas Yaris. Fleksibilitas kabin juga jadi salah satu nilai jual Jazz.

Meski begitu, Yaris baru dibekali paket penjamin keselamatan lebih lengkap. Fitur safety Yaris termasuk tujuh kantong udara, ABS+EBD+BA, vehicle stability control, kontrol traksi dan hill start assist (HSA).

Bandingkan dengan Jazz yang cuma menawarkan dua kantong udara, tanpa kendali kestablian dan traksi pada tipe termahal sekalipun.

Boleh dibilang, Yaris menawarkan paket fitur lebih komplet dengan banderol yang lebih murah saat ini. Kendati demikian, preferensi merek, desain dan reputasi Jazz, masih belum bisa disaingi oleh Yaris.

Lagi, hasil penjualan semester pertama 2019 segmen hatchback, dirajai oleh Jazz. Sedang Yaris terus mengekor. Selain kedua kontestan kuat itu, masih ada Suzuki Baleno dengan hasil 2.737 unit.

Perolehan Suzuki Baleno hatchback menempatkannya di bawah Yaris. Sisanya, ada Daihatsu Sirion 1.3 dengan total penjualan 919 unit dan Mazda2 dengan 713 unit.

Sumber : Liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *