Peningkatan minat mobil murah atau segmen LCGC (Low Cost Green Car) di Indonesia semakin melesat tajam. Hal ini membuat persaingan antar produsen mobil semakin sengit, sebut saja, Toyota, Daihatsu, Honda, bahkan Datsun pun turut meramaikan arena persaingan ini. Memang tidak perlu dipungkiri lagi, Toyota masih menjadi unggulan dengan jagoan mungilnya Agya. Dimana Toyota Agya tercatat sebagai mobil paling laris saat ini. Namun, pencapaian Toyota Agya tidak akan dibiarkan begitu saja oleh para kompetitornya. Salah satu kompetitor yang paling gencar menempel Agya adalah Honda Brio. Lantas, jika keduanya dibandingkan, mana yang lebih baik antara Honda Brio vs Toyota Agya? Berikut ulasannya!

Eksterior

Melihat aspek desain eksterior pada kedua mobil ini, Honda Brio rasanya lebih menarik minat jika dilihat dari sudut pandang manapun. Dengan desain sporty, Honda Brio terkesan lebih unggul jika dibandingkan dengan mobil lainnya di segmen LCGC, termasuk jika dibandingkan dengan Toyota Agya. Honda Brio memiliki desain body yang proporsional dan pas untuk Anda gunakan sebagai mobil jenis city car. Desain Honda Brio yang menarik didukung dengan ground clearance yang rendah. Namun, hal ini justru dikhawatirkan akan berdampak pada seringnya terjadi mentok atau menyerempet pada jalanan yang berlubang atau polisi tidur.

Untuk penampilan Toyota Agya sendiri terlihat seperti flashback ke desain mobil era awal 2000-an. Model yang simpel dan minimalis sangat melekat pada Toyota Agya. Hal ini membuat Toyota Agya terlihat kurang menarik karena tidak berada pada posisi zaman yang saat ini masyarakat lebih tertarik dengan desain yang sporty dan dinamis. Namun, jika boleh memberikan kesimpulan, aspek eksterior Toyota Agya cukup elegan di bagian belakang dan ground clearance yang tinggi. Hal ini akan membuat tingkat kenyamanan dan keamanan berkendara Anda lebih berkualitas. Tentu saja, jika Anda lebih tertarik dengan desain yang sporty, Toyota Agya juga menyediakan edisi TRD Sportivo.

Interior

Tidak perlu dipungkiri lagi, Toyota Agya memiliki keunggulan dimana ruang interior kabin yang luas. Hal ini membuat tingkat kenyamanan pengemudi dan penumpang lebih nyaman ketika mengendarai Toyota Agya. Namun, dibalik luasnya ruang kabin, desain interior pada Toyota Agya justru tidak terlalu bisa dibanggakan. Desain interior Toyota Agya terlihat kaku dengan bentuk tuas dan door trim yang sangat sederhana seperti mobil-mobil era 90-an. Selain itu, kualitas bahan jok Toyota Agya juga terlalu tipis yang sepertinya akan mudah rusak. Namun, untuk desain speedometer, Toyota Agya terlihat lebih modern dan cukup menghilangkan kesan kaku pada mobil ini.

Berbeda halnya dengan Toyota Agya, Honda Brio memiliki desain interior yang terlampau lebih baik. Penggunaan warna beige yang cerah membuat interior mobil ini lebih tampak lebih mewah. Dukungan desain speedometer yang sangat sporty membuat interior Honda Brio sangat menarik untuk segmen mobil LCGC. Lantas, mana yang lebih unggul? Jika bicara kualitas Honda Brio lah yang lebih unggul. Namun jika bicara soal luasnya ruang interior antara Honda Brio vs Toyota Agya, Agya lah yang pastinya lebih unggul. Jadi, Anda lebih pilih yang mana?

Performa Mesin

Bicara soal performa mesin, kedua mobil antara Toyota Agya dan Honda Brio memiliki perbedaan yang sangat jauh. Bagaimana tidak? Perbedaan ini cukup jelas terlihat dari kapasitas mesin dimana Honda Brio memiliki performa mesin berkapasitas 1.300cc dengan 4 silinder i-VTEC. Sedangkan Toyota Agya memiliki performa mesin dengan kapasitas yang lebih kecil yakni, 1.000cc dengan 3 silinder mesin. Secara teknis, sudah dapat dipastikan bahwa Honda Brio lebih unggul jika dibandingkan dengan Toyota Agya. Namun, bukan berarti Toyota Agya tidak bagus dalam hal performa mesin. Toyota Agya memiliki tarikan mesin yang cukup baik untuk segmen mobil LCGC dimana hal tersebut dikarenakan berat Toyota Agya yang ringan jika dibandingkan dengan Honda Brio. Tentu saja, kedua mobil ini memiliki keunggulan yang sama yakni hematnya bahan bakar yang digunakan.

Harga

Ada istilah dimana harga berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan. Tentu saja, untuk harga kedua mobil ini memiliki banderol yang cukup bersaing. Artinya, persaingan kedua mobil ini terletak pada kualitas yang ditawarkan. Untuk Honda Brio Satya tipe paling rendah dibanderol dengan harga mulai Rp 106 jutaan. Sedangkan, untuk tipe paling tinggi, Honda Brio dibanderol Rp 130 jutaan. Beda halnya dengan Toyota Agya yang dibanderol dengan harga Rp 120 jutaan untuk tipe yang paling tinggi. Harga Honda Brio vs Toyota Agya? Lebih murah Agya ya!

Kesimpulan

Setelah dibandingkan, kedua mobil ini nyatanya memiliki perbedaan yang tidak begitu jauh. Kembali lagi, Anda dapat menyesuaikan sesuai selera pada kedua mobil ini. Jika Anda lebih tertarik mobil dengan performa mesin dan stabilitas yang baik, Honda Brio adalah jawabannya. Namun, jika Anda lebih berminat kepada mobil yang mengutamakan kenyamanan penumpang dan barang bawaan bagasi, Toyota Agya lah salah satu pilihan alternatif Anda. Nah, jadi Anda lebih memilih yang mana antara Honda Brio vs Toyota Agya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *