Pasar mobil di segmen Low Sport Utility Vehicles (SUV) di pasar Indonesia terus mengalami pertumbuhan, hal itu ditandai dengan banyaknya produsen yang mencoba peruntungan di segmen yang sama. Sebut saja beberapa di antaranya Toyota Rush, Daihatsu Terios, Nissan Juke, Honda BR-V, Honda HR-V, Chevrolet Trax, dan lainnya.

Dari semua model yang disebutkan tadi, paling menarik di bahas adalah Honda BR-V dan Toyota Rush, sebab keduanya mempunyai kontribusi besar terhadap penjualan mobil low SUV secara nasional. Selain itu kedua mobil asal pabrikan Jepang itu memiliki kemampuan menampung hingga 7 orang penumpang di kabin.

Untuk diketahui Honda Prospect Motor (HPM) agen pemengang merek (APM) mobil Honda menampilakan BR-V pertama kali di dunia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, di Tangerang. Lalu pada Januari 2016, Honda mulai melakukan pengiriman ke konsumen.

Sedangkan Rush dipasarkan oleh Toyota Astra Motor (TAM) sejak 2006 yang baru mengalami penyegaran setelah 11 tahun kemunculan pertamannya. Kini Rush terbaru tampil lebih modern, dan punya fitur keselamatan yang semakin lengkap.

Nah kira-kira bila keduanya diadu dari segi performa mesin, siapa yang lebih unggul?

Honda BR-V

Di mulai dari BR-V, salah satu model andalan Honda ini memiliki panjang 4.456 milimeter, lebar 1.735 mm, tinggi 1.666 mm. Jarak sumbu roda 2.662 mm, dan ground clearance 201 mm. Honda menyediakan beberapa pilihan tipe seperti BR-V S 6M/T, E M/T, E CVT, dan Prestige.

Seluruh tipe Honda BR-V didukung oleh mesin i-VTEC 1.5 liter yang menghasilkan performa dinamis dengan tenaga maksimal 120 ps pada 6.600 rpm. Serta torsi puncak 145 nm pada 4.600 rpm.

Honda mengklaim mesinnya tersebut hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin disalurkan roda depan melalui transmisi manual 6 percepatan atau CVT dengan Earth Dreams Technology.

Toyota All New Rush

Toyota akhirnya meluncurkan Rush terbaru dengan bentuk bodi dan interior yang sangat jauh berbeda daripada model sebelumnya. Perubahan yang paling mencolok dari All New Rush adalah tidak adanya ban serep bagian belakang mobil, kini berada di bawah.

Di atas kertas, All Rush memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.705 mm, jarak sumbu roda 2.685 mm, dan ground clearance 220 mm.

Sementara itu bicara soal performa, Toyota membenamkan mesin baru yang sama seperti Avanza yaitu 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i. Mesin tersebut menggantikan yang lama tipe 3SZ-VE 1.5L 16V DOHC, VVT-i.

Toyota mengklaim dengan penggunaan mesin baru, mobil tersebut mampu melaju dengan tenaga 104 ps pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga dikirim ke roda belakang melalui transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Berdasarkan klaim kedua pabrikan terkait tenaga, maka jelas BR-V lebih bertenaga ketimbang ALL New Rush. Tidak hanya pada Rush terbaru, jika dibandingkan dengan model lama tetap saja BR-V yang paling unggul soal tenaga. Rush model konde hanya mampu mengeluarkan tenaga sekuat 109 ps.

Sumber : Carmudi.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *