Awal 2020, PT Honda Prospect Motor ( HPM) memangkas dua varian Honda Civic Hatchback dan hanya menjual satu tipe, RS. Model ini pun menjadi pemain tunggal yang dipasarkan Rp 503 juta.

Menyandang status RS yang terkenal dengan tampilan sporty, maka Honda pun berupaya untuk memoles visualnya demi mendongkrak kesan agresif. Hal ini dilakukan melalui beberapa pembaruan.

Mulai dengan penambahan aero kit di bagian desain bumper depan, belakang, dan side sill garnish di sektor samping. Bila melihat sekilas memang tampilanya tak beda jauh, tapi tapi bila diperhatikan lebih detail ada beberapa yang sudah mengalami ubahan.

Model cover foglamp yang dulunya dibuat tertutup dengan tema sarang lebah, kini dibuat lebih simpel dengan model garis lengkung di bagian atas. Honda juga memberikan tamabahan detail berupa under spiler dengan kelir hitam yang dirancang seperti untuk meningkatkan daya aerodinamikanya. Walau terkesan minimalis, tapi cukup ampuh menambah kesan sporty dan elegan di sektor depan. Sementara pada bagian samping, tampilannya diperkuat dengan warna baru pelek 17 inci yang kini terdiri dari paduan abu-abu gelap dan kelir hitam glossy.

Rombakan paling signifikan sebenarnya terjadi pada bagian buritan. Honda tak hanya sekadar menyematkan bumper baru yang sudah dihiasi dengan diffuser, tapi juga mengentalkan aura sporty Civic Hatchback RS dengan merubah konfigurasi lubang knalpotnya. Baca juga: Ketika Honda Civic Type-R Lawas Menolak Tua Bila pada kedua versi sebelumnya knalpot berada di bagian kiri dan kanan bumper belakang, kini dua-duanya ditempatkan pada bagian tengah, tepatnya di bawah bumper.

Kondisi ini membuat visual belakangnya terlihat menyerupai Civic Type R. Bedanya hanya dari jumlah lubang buangnya saja, karena Civic Type R memiliki tiga lubang yang bagian tengahnya berguna untuk meredam suara dari tenaga yang dihasilkan dapur pacunya.

Sumber : Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.